
MIN 1 Kota Gorontalo, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan manajemen madrasah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Banggai Laut melaksanakan kegiatan studi tiru ke MIN 1 Kota Gorontalo pada hari Senin, 16 Juni 2025. Rombongan yang terdiri dari kepala madrasah, guru-guru, serta tenaga kependidikan ini disambut hangat oleh jajaran pimpinan dan staf MIN 1 Kota Gorontalo.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan kapasitas kelembagaan yang dirancang oleh MIN Banggai Laut untuk menggali praktik-praktik baik (best practices) dari madrasah yang telah terbukti unggul, baik dalam aspek akademik, manajerial, maupun pengelolaan lingkungan sekolah.
Dalam sambutannya Kepala Satuan Pendidikan MIN 1 Kota Gorontalo, Bapak Sutarjo Paputungan yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari MIN Banggai Laut. Beliau memaparkan profil singkat MIN 1 sebagai madrasah unggulan dengan berbagai prestasi di tingkat kota hingga Provinsi, serta strategi yang digunakan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Sementara itu, Kepala MIN Banggai Laut, Ibu Normasinta Ladjin mengungkapkan tujuan kegiatan studi tiru ini adalah untuk mengadopsi model-model pengelolaan yang inovatif, khususnya dalam penguatan literasi, digitalisasi pembelajaran, dan pembentukan karakter siswa.
Peserta juga diajak melakukan observasi langsung ke ruang-ruang kelas, perpustakaan, serta ruang kepala madrasah. Mereka melihat langsung implementasi manajemen serta tata kelola madrasah digital yang telah diterapkan di MIN 1 Kota Gorontalo.
Dengan semangat kolaboratif dan keterbukaan terhadap inovasi, kegiatan studi tiru ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua madrasah, khususnya dalam mendukung misi madrasah hebat dan bermartabat.
Kegiatan studi tiru ini menjadi bukti nyata bahwa keterbukaan terhadap inovasi dan semangat kolaboratif antar madrasah merupakan kunci penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dengan semangat saling berbagi dan belajar, kedua madrasah diharapkan dapat tumbuh menjadi institusi pendidikan yang semakin unggul dan berdampak positif bagi peserta didik, guru, dan lingkungan sekitar.